Thursday, March 08, 2007

SELAGI MASIH ADA KESEMPATAN . . .


Musibah pesawat Garuda mengejutkan banyak orang. "Garuda pesawat paling aman," itulah slogan yang sering didengar kita. Garuda memang akhir-akhir ini sedang naik daun. Apa sebabnya? Karena sebelum Garuda mengalami musibah, pesawat-pesawat "murah" sudah mengantongi rekor kecelakaan yang banyak. Adam Air, Batavia Air, Lion Air, semuanya pernah bahkan beberapa kali kecelakaan. Mulai dari ban roda yang pecah hingga hilangnya pesawat dari radar ATC. Tapi siapa yang pernah menyangka kalau kemarin Garuda mengalami musibah? Orang tak pernah menduganya.

Apa yang mau kita renungkan dari musibah ini? Banyak sekali. Tapi, saya pribadi merenungkan bahwa bila hari ini saya masih hidup, perbuatan apa saja yang harus saya lakukan? Esok bukan di tangan saya, esok bukan juga dalam dugaan saya, esok bisa terjadi apa saja dengan diri saya. Tak ada orang yang dapat menduga hari esok. Ya, saya tak dapat memastikan esok saya akan berlaku ini dan itu.

Tapi yang bisa saya pastikan adalah saat ini. Saat di mana saya masih hidup. Here and Now. Apa yang saya bisa lakukan hari ini buat pasangan hidup, apa yang saya bisa lakukan hari ini buat anak saya, apa yang saya bisa lakukan hari ini buat orang tua, apa yang bisa saya lakukan untuk teman, bahkan apa yang bisa saya lakukan untuk "musuh" saya? Inilah yang setidaknya masih bisa saya dan kita pastikan. Selagi masih ada kesempatan, lakukanlah yang terbaik untuk orang yang mencintai dan dicintai Anda, dan jangan lupa, lakukanlah yang terbaik juga untuk orang yang membenci dan dibenci Anda. Siapa tahu esok Anda akan . . . ???

No comments: